Cara lamar kerja online !

Pekerjaan menjadi sebuah kebutuhan penting bagi setiap orang. Jika di masa lalu pekerjaan harus diperoleh dengan melamar dari satu pintu ke pintu selanjutnya, berbeda dengan era digital seperti sekarang yang menyediakan kerja online. Saat ini ranah pekerjaan sudah semakin berbeda dengan zaman dulu yang mengandalkan segala hal berbau manual.

Pekerjaan  masa kini bukan hanya tersedia secara manual saja tetapi juga secara millennial atau kerja online, dimana dalam praktiknya seseorang yang ingin mendapatkan pekerjaan harus berusaha mencari tahu lewat sistem pemberitahuan online yang disediakan setiap perusahaan.

kerja1

Sistem komunikasi secara online sudah berlaku sejak beberapa tahun terakhir. Pencarian pekerjaan atau talent yang dibutuhkan perusahaan mulai memanfaatkan sistem ini sebagai sarana mendapatkan pekerjaan atau pegawai yang berkualitas. Oleh sebab itu, banyak calon pekerja yang menggunakan sistem manual justru kalah cepat dibandingkan mereka yang menggunakan sistem online dalam melamar pekerjaan atau kerja online. Nah, beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melamar pekerjaan lewat online agar tidak ketinggalan dengan pencari kerja lainnya yang sudah menggunakan teknik serupa. Ini dia!

jerka1

1. Hal yang Harus Dipersiapkan kerja online

Sebelum memutuskan untuk melamar kerja secara online, penting mempersiapkan beberapa hal seperti dokumen, mental, serta kemampuan di bidang yang ingin kamu ajukan. Kamu perlu menyiapkan akses internet, serta memastikan bahwa semua data yang dibutuhkan untuk melamar kerja sudah dipersiapkan di atas meja.

2. Akses Internet Tangguh untuk kerja online

Dari banyak perusahaan akan menggelar tes online yang kemungkinan saja kamu ikuti ketika dalam proses melamar pekerjaan secara online. Nah, disaat seperti ini kamu pun membutuhkan koneksi internet yang tangguh untuk bisa menjawab semua pertanyaan dengan lancar.

3. Siapkan CV

Curriculum Vitae sudah menjadi salah satu data yang wajib dipersiapkan. Jangan lupa mengedit data CV dengan data yang baru di tahun tersebut, mulai dari usia hingga pengalaman kerja sebelumnya. Simpan data CV dengan menggunakan nama lengkap kamu untuk memudahkan tim HRD dari perusahaan yang dituju.

4. Cover Letter

Selain CV yang sudah terisi, alangkah baiknya juga mempersiapkan cover letter yang berguna untuk mengisi posisi lain untuk dilamar. Jadi, kamu tidak perlu menghapus keterangan dari file sebelumnya kemudian menyimpannya kembali. Hal ini akan menyulitkan ketika harus mencari data di kemudian hari.

5. Data Pengalaman Kerja

Catatan penting yang harus dipersiapkan dengan matang adalah pengalaman kerja kamu sebelumnya. Gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk menunjukan kemampuanmu di bidang tersebut. Selain riwayat pendidikan, data pengalaman kerja juga sangat penting untuk digunakan sebagai pemberitahuan singkat pada perusahaan tujuan. Sertakan juga jabatan, masa kerja, hingga gaji bila dibutuhkan.

6. Pelajari Format

Ada kisi-kisi yang penting ketika menulis CV. Cobalah menggunakan acuan CV yang ada pada Job-like sebagai panduan saat menulis CV untuk perusahaan yang dituju.Ikuti aturan tersebut dan pelajari format yang dimaksudkan untuk pengajuan CV kamu.

7. Mencari Lowongan Pekerjaan

Setiap perusahaan pasti mengumumkan posisi pekerjaan yang sedang dicari. Nah, kamu boleh mencari lowongan pekerjaan tanpa perlu mengunjungi website masing-masing perusahaan. Beberapa website sudah menawarkan lowongan kerja online dari berbagai perusahaan ternama untuk dikunjungi. Setelah menemukan situs lowongan pekerjaan, kamu bisa mencatatnya terlebih dulu sebelum menentukan perusahaan yang pasti untuk dilamar.

8. Langsung Menuju Website Perusahaan

Usai mencatat lowongan pekerjaan yang dikehendaki, kamu bisa memulai mengunjungi website perusahaan tersebut. Disinilah langkah melamar kerja online akan dimulai. Ketika mengunjungi website perusahaan maka akan tertera pula menu lowongan pekerjaan yang dimaksudkan. Lanjutkan ke menu tersebut untuk berhubungan secara online dengan HRD perusahaan yang dimaksudkan.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu praktikkan saat akan melamar pekerjaan dengan sistem online. Selain lebih praktis, sistem mencari pekerjaan secara online juga membutuhkan keuletan kamu agar bisa lebih cepat dari calon pelamar kerja di luar sana. Selamat mencoba ya!