Maag Menyerang Saat Hamil?

Pengobatan untuk penyakit maag yang dialami oleh ibu hamil bisa terdiri dari dua jenis yaitu pengobatan secara medis menggunakan obat-obatan tertentu yang sebelumnya dikonsultasikan kepada dokter. Kedua, dengan memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai obat tradisional yang diolah dan diyakini mampu mengurangi risiko penyakit maag lebih parah. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

maag

1. Obat Medis

Bagi ibu hamil pemberian obat-obatan harus dilakukan sesuai anjuran dokter yang merawat dan harus diberikan dengan hati-hati untuk mencegah bahaya tertentu. Perawatan maag bagi ibu hamil biasanya juga disarankan melalui diskusi antara dokter dengan spesialis kandungan untuk menentukan jenis obat yang tepat. Beberapa obat yang bisa diresepkan kepada ibu hamil ketika mengalami maag antara lain adalah sebagai berikut.

maag

  • Antasida, obat ini ramah untuk ibu hamil sehingga masih aman dikonsumsi dalam takaran yang wajar.
  • Ranitidine, obat ini efektif untuk digunakan sebagai penurun kadar asam lambung berlebihan pada ibu hamil.
  • Omeprazole, obat yang termasuk inhibitor ini berfungsi untuk mengurangi tingkat keasaman pada lambung
  • Antibiotik, biasanya diberikan oleh dokter untuk membantu mengatasi bakteri H Pylori pada ibu hamil. Amoxicillin adalah antibiotik yang diyakini paling aman bagi ibu hamil.

2. Makanan Kaya Flavonoid

Jenis makanan yang mengandung flavonoid seperti apel, strawberry, bawang merah, dan tomat merupakan bahan alami yang bisa mengurangi risiko penyakit maag pada ibu hamil.Flavonoid berfungsi mengurangi asam yang tinggi pada lambung dan mengatasi peradangan di saluran pencernaan. Flavonoid juga digunakan sebagai bahan alami untuk menetralkan asam lambung agar tidak berlebihan.

3. Sumber Antioksidan

Berbagai jenis makanan yang mengandung antioksidan dalam kadar tinggi juga bisa membantu mangatasi sakit maag pada ibu hamil. Antioksidan efektif mencegah produksi asam lambung yang berlebihan serta melawan semua infeksi yang disebabkan oleh bakteri H pylori. Beberapa makanan dengan kandungan antioksidan alami diantaranya adalah apel, pisangm bayam, ubi dan ketela.

4. Wortel dan Bayam

Kedua jenis sayuran ini bermanfaat untuk mengatasi maag pada ibu hamil. Kandungan serat alami dalam wortel dan bayam juga berfungsi mengatasi produksi asam lambung yang berlebihan. Selain itu bayam juga mengandung zat besi tinggi untuk membantu menambahkan stamina bagi ibu hamil yang rentan terhadap kondisi lemah.

5. Jahe

Mengonsumsi air jahe hangat juga disarankan sehabis sarapan untuk mengurangi mual dan muntah yang menjadi gejala saat maag pada ibu hamil. Minyak atsiri berupa gingerol bermanfaat untuk melawan peradangan akibat infeksi bakteri.

6. Air Kelapa

Sebagai minuman yang murni, air kelapa diyakni baik untuk menjaga kondisi tubuh agar tetao fit. Ternyata air kelapa juga berfungsi sebagai antioksidan alami yang membantu menetralkan asam lambung yang meningkat. Air kelapa juga berfungsi melawan bakteri penyebab maag pada  ibu hamil.

7. Roti Gandum

Manfaatkan roti gandum sebagai cemilan di pagi hari menjelang sarapan untuk menghindari rasa perih lambung akibat maag. Roti yang terbuat dari gandum terbukti bisa menekan rasa lapar di perut yang menjadi penyebab naiknya asam lambung di waktu-waktu tertentu.

8. Makanan Dengan Asam Lemak Omega 3

Kandungan asam lemak omega 3 bermanfaat untuk perkembangan otak janin. Namun tidak hanya itu, kandungan ini juga berkhasiat untuk menurunkan tingkat keasaman lambung yang menjadi penyebab mual dan muntah pada ibu hamil. Beberapa jenis makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 antara lain seperti ikan tuna, salmon, kacang kenari, dan minyak canola.

Mengatasi maag pada ibu hamil disarankan tidak selalu menggunakan obat untuk dikonsumsi. Bila memungkinkan konsumsi bahan alami terlebih dulu bisa menjadi pilihan untuk menjaga kadar asam lambung agar tetap normal. Semoga bermanfaat!