Sejuknya Air Terjun Grojogan Sewu !!

Grojogan Sewu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia khususnya bagi anda yang hobi pelesiran alias jalan-jalan. tempat wisata yang berada di kawasan Jawa Tengah ini memang dikenal karena kecantikannya saat mengalirkan air dengan deras dari atas tebing. Grojogan Sewu berasal dari bahasa Jawa “Grojogan” yang berarti pancuran dan “Sewu” yang berarti seribu.

air terjun

Memang tidak bisa dihitung jumlah kucuran air yang ada di tempat ini, tetapi apabila musim hujan tiba derasnya air seolah menandakan jumlah pancuran yang seakan ribuan. wiata Grojogan Sewu lebih dikenal dengan nama Tawangmangu, karena memang lokasinya yang terletak di Desa Sepanjang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah.

air

Tinggi air terjun Grojogan Sewu mencapai 80 meter. Saat memasuki kawasan air terjun yang berada di lereng Gunung Lawu ini, pengunjung akan merasakan udara sejuk dari pepohonan rindang yang mengelilingi air terjun. Derasnya aliran air terjun ini menyebabkan adanya aturan dilarang mandi di bawah air terjun karena akan berakibat fatal apabila ada bebatuan yang jatuh dari atas tebing. Perjalanan wisatawan menuju lokasi air terjun akan di barengi dengan pemandangan kera-kera jinak yang tetap harus diwaspadai menyerang barang bawaan pengunjung. Selain itu, menggunakan sepatu adalah cara yang aman untuk menghindari lintah yang banyak ditemui di lokasi ini.

Di kawasan air terjun ini terdapat waterpark mini yang diperuntukkan bagi anak-anak. Tidak perlu khawatir dengan fasilitas umum seperti toilet dan warung makan, penginapan, karena semua fasilitas tersebut sudah banyak tersedia. Selain itu wahana permainan seperti flying fox dan mini rafting tersedia bagi pengunjung yang hobi memacu adrenalin. Bagi wisatawan yang penikmat kuliner, hidangan sate kelinci khas dari daerah Karanganyar patut untuk dicoba. Tawangmangu sudah dilengkapi dengan banyak warung makan dengan pilihan menu dan harga yang bisa disesuaikan dengan kantong kita.

Akses menuju Wisata Terjun Tawangmangu ini cukup mudah karena berada sekitar 40 km dari pusat kota Solo. Perjalanan menuju Desa Karanganyar akan melewati tanjakan dan jalan berkelok sehingga harus berhati-hati jika musim hujan tiba. Begitu sampai di loket masuk pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp. 15.000,- per orang untuk masuk keair terjun. Murah kan? Pengunjung air terjun ini akan menempuh perjalanan sekitar 300 meter sebelum sampai di air terjun Grojogan Sewu. Namun, tidak perlu khawatir karena jalan yang dilalui merupakan jalan batu yang sudah tertata rapi sehingga aman bagi pengunjung. Poin plus yang bisa anda nikmati adalah kicauan burung dan pemandangan hutan yang hijau menyegarkan saat melalui jalan batu tersebut. Menarik bukan? Wisata Air Terjun Grojogan Sewu memang hampir tidak pernah sepi pengunjung terutama pada akhir pekan dan hari libur nasional. Selain pemandangan yang indah dan fasilitas yang memadai, Tawangmangu mampu menghipnotis mata pengunjungnya dengan berbagai keunikan dan keramahan penduduk yang berada di sekitar lokasi.

Air Terjun Grojogan Sewu adalah pilihan tepat bagi anda yang gemar mengeksplorasi keindahan alam dengan menikmati panorama di kaki gunung terbesar ketiga di Jawa Tengah ini. Nah, sudah siap untuk menuju kesana? Siapkan bekal dan stamina yuk!